Aplikasi Pencapaian Target Kurikulum Format Baru

Ketrampilan serta Sikap Pembuatan deskripsi penilaian pada Kurikulm 2013, memakai sistim nilai rerata untuk pengetahuan, nilai optimal untuk ketrampilan dan nilai modus untuk sikap. Sedangkan deskripsinya sesuai dengan kriteria dalam penilaian.input data dan butir/ materi/ aspek tanpa perlu menuliskan deskripsinya. Dan deskripsi telah diformulakan sehingga langsung tertera dalam kolom tertentu.Sebenarnya tidak ada yang salah dalam hal ini Nilai menjadi patokan kelulusan dalam menempuh pendidikan, baik kelulusan naik kelas maupun untuk kelulusan untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnya. 

https://drive.google.com/file/d/0B1tBDDeV1HdsWWkwcVl1VW5iems/view?usp=sharing

Dalam menentukan baik buruknya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah, cakupan evaluasi akuntabilitas kinerja dilakukan terhadap 4 (empat) komponen manajemen kinerja dan 1 (satu) komponen capaian kinerja. Empat komponen manajemen kinerja tersebut terdiri atas komponen perencanaan, pengukuran, pelaporan, serta evaluasi internal. peserta didik yang bernilai sama mempunyai deskripsi yang berbeda sesuai dengan pencapaian kompetensinya masing-masing, artinya jika ada 2 peserta didik sama-sama mendapat nilai B+ akan mempunyai deskripsi yang berbeda jika pencapaian kompetensinya berbeda pula.dilakukan pengukuran atas output, outcome serta kinerja lainnya. 

Pada masing-masing komponen manajemen kinerja yaitu perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi, dilakukan pengukuran terhadap aspek formal, kualitas dan pemantaatan. Aspek formal, menanyakan hal-hal yang menjadi pemenuhan dasar, misalnya apakah telah terdapat dokumen perencanaan dan laporan kinerja, apakah telah dilakukan pengukuran kinerja dan evaluasi internal, dan lain sebagainya. 

https://drive.google.com/file/d/0B1tBDDeV1HdsWWkwcVl1VW5iems/view?usp=sharing
Berkas file

Pada aspek kualitas, dilakukan pengukuran terhadap kualitas dari aspek formal yang telah dilakukan, misalnya apakah tujuan dan sasaran telah berorientasi hasil, apakah ukuran kinerjanya telah spesifik, terukur dan relevan, apakah laporan kinerjanya cukup menyajikan analisa dan lain sebagainya. Sedangkan pada aspek pemanfaatan, dilakukan pengukuran terhadap seberapa jauh dokumen-dokumen ataupun pemenuhan lainnya benar-benar digunakan dalam manajemen kinerja, seperti mengukur keberhasilan/kegagalan. Unduh filenya disini:

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aplikasi Pencapaian Target Kurikulum Format Baru"

Post a Comment